Cara Mengatasi Hacking Pada Website

Blog Intro: 

Internet memang menjadi salah satu sumber informasi yang memberikan banyak kemudahan untuk semua orang. Selain itu, internet juga seringkali menjadi media untuk melakukan kejahatan. Akibatnya tidak sedikit orang yang telah menjadi korban akibat kejahatan yang dilakukan melalui dunia maya ini.

Blog Date: 
Kamis, April 3, 2014 - 10
Blog Detail Text: 

Indonesia sendiri saat ini telah masuk daftar sebagai salah satu negara yang kerap bertindak kejahatan melalaui media ini. Kejahatan yang terjadi di internet memang ada berbagai macam dan salah satunya adalah meretas atau hacking. Jadi bagi para pemilik website, sangat penting untuk membekali diri tentang bagaimana cara mengatasi peretasan pada website.

Hacking merupakan tindakan kejahatan yang menyusup ke dalam program komputer milik orang. Para pelakunya biasanya disebut dengan hacker atau peretas. Mereka biasanya memang memiliki keahlian dalam membaca program tertentu dan sangat mengamati sistem keamanannya.

Tindakan kejahatan yang dilakukan oleh para hacker ini termasuk mengambil data orang lain dengan cara masuk ke dalam program. Ada beberapa cara mengatasi hacking pada website, diantaranya;

  1. Ubah Website Menjadi Offline
    Ini merupakan salah satu cara darurat yang paling mudah untuk dilakukan jika Anda membutuhkan solusi kasus hacking dengan segera. Anda harus lebih waspada ketika website terkena virus. Dikhawatirkan virus yang masuk ke dalam website tersebut malah akan menyerang pengunjung website Anda. Caranya cukup mudah yakni cukup menambahkan beberapa baris kode, atau mungkin meng-upload tampilan "under construction".
     
  2. Cek Last Login
    Segera login ke cpanel dan pastikan bahwa IP public Anda telah tercantum pada last login from. Alamat IP public terakhir kali Anda melakukan login harus dipastikan benar-benar tercantum yang biasanya muncul "your IP is …..". Waspadalah jika Anda menemukan IP address yang tidak dikenal karena kemungkinan ini adalah akses pihak lain untuk masuk ke website Anda.
     
  3. Nyalakan Fitur Log Archiving
    Fitur ini berfungsi untuk menyimpan rekaman secara detail mengenai siapa yang telah melakukan koneksi dengan website kita. Log tersebut pastinya mempunyai peranan yang sangat penting sehingga sangat disarankan untuk tidak dihapus. Cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga agar akses log tidak terhapus adalah dengan masuk ke cpanel lalu silahkan menuju raw log manager. Jangan lupa untuk mengecek pada kotak archive log dan melakukan uncheck pada “remove the previous month’s archived log” sebelum kemudian anda klik “save”.
     
  4. Ganti Semua Password
    Jangan lupa untuk mengganti semua password yang menghubungkan ke website Anda. Langkah ini bisa dilakukan setelah PC administrator terbebas dari virus dan juga spyware. Gunakan password yang kuat, biasanya menggunakan kombinasi antara huruf, angka, dan juga karakter lainnya.
     

Beberapa cara mengatasi hacking pada website di atas tentu tidak mungkin bisa diaplikasikan pada semua kasus peretasan, apalagi pada kasus-kasus yang berat. Oleh karena itu, jangan ragu untuk menghubungi tim Webkos jika Anda punya pertanyaan lebih lanjut. 

Section before footer ID

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Hubungi tim ahli kami untuk membicarakan kebutuhan Anda.