Bahasa

Jika Kita Memiliki Facebook Page, Mengapa Harus Memiliki Website?

Blog Intro: 

Saat ini banyak dari pelaku usaha kecil dan menengah mengajukan pertanyaan, “Jika kita sudah memiliki Facebook page, mengapa harus memiliki website?” Pertanyaan seperti ini seringkali diajukan dalam berbagai hal, tetapi jawabannya adalah “Facebook page tidak bisa menggantikan website”. Mengapa? Inilah alasannya.

Blog Date: 
Senin, Juni 30, 2014 - 10
Blog Detail Text: 

Facebook sangat populer saat ini, tapi bagaimana dengan besok?

Orang-orang mungkin saja beralih dari tren jejaring sosial Facebook ke social media lain. Ambil contoh kasus Hi5 dan Myspace beberapa tahun yang lalu. Setelah memiliki 76 juta pengguna, Myspace mengalami penurunan yang mengerikan pada tahun 2008. Saat ini, jaringan sosial pertama itu hanya memiliki 35 juta pengguna di seluruh dunia, bandingkan dengan Facebook yang memiliki pengguna 1,3 miliar. Apa yang akan terjadi dengan bisnis online Anda jika hal yang sama terjadi pada Facebook.

Facebook tidak terkendali

Facebook diibaratkan Chuck Norris, Anda tidak bisa mengendalikan dia, tapi dia yang mempunyai kendali. Ratusan update telah dibuat sejak Facebok lahir di tahun 2004. Setiap waktu jejaring sosial ini melakukan perubahan, maka menuntut Anda untuk mengkaji ulang strategi pemasaran online dan kemudian beradaptasi. Tidak seperti halnya website, Anda Chuck Norris-nya.

Facebook itu mengganggu

Orang-orang membuka Facebook untuk mendapatkan update apa yang terjadi di sekitar. Jarang sekali orang-orang melihat Facebook untuk sekedar mendapatkan informasi lebih lanjut tentang perusahaan. Ambil contoh ketika orang-orang sedang mencari teman atau kolega tapi justru malah bertemu merek bisnis, kemungkinan mereka bisa terganggu oleh komentar tertentu, gambar atau berita, atau bahkan promosi dimana hal itu bisa membuat mereka meninggalkan dan melupakan halaman Anda. Di sisi lain, jika orang sudah memiliki niat dan tujuan tertentu dan kemudian masuk ke website, mereka tidak akan pergi sampai menemukan apa yang dicari.

Facebook adalah jejaring sosial

Tujuan Facebook adalah tempat untuk bersosialisasi dengan para fans. Facebook merupakan cara untuk mendatangkan traffic lebih banyak ke website dan bukan tempat untuk membuat pengunjung melakukan aktivitas transaksi seperti membeli produk dan jasa. Namun sebaliknya, website adalah tempat dimana hal-hal serius terjadi, seperti informasi dan layanan bisnis yang dibuat secara rinci. Website adalah representasi virtual dari bisnis Anda yang resmi, tidak peduli bagaimana Anda terlihat menyenangkan atau tidak, tetapi pengunjung akan serius ketika tiba di sebuah website untuk membeli atau sekedar mendapatkan kontak.

Analisis website lebih penting

Facebook, seperti halnya website, disediakan alat untuk analisis halaman. Halaman analisis tersebut menunjukkan seberapa populer Anda di jejaring social, seperti jumlah fans yang terlibat atau menyukai konten Anda. Analisis untuk website bisa menggunakan Google Analytics. Alat ini bisa memberikan visibilitas yang lebih baik tentang bagaimana pengunjung tertarik dengan produk atau layanan Anda. Dengan alat tracking tersebut, Anda dapat menimbang berapa jumlah konversi jika dibandingkan dengan jumlah kunjungan ke website. Alat ini juga akan membantu meningkatkan layanan, fokus pada top product serta memenuhi kebutuhan pasar Anda.

Kesimpulannya, Facebook page bukanlah pengganti website, tetapi keduanya saling melengkapi. Saat ini, Facebook merupakan salah satu jejaring sosial yang sedang booming sehingga tidak bisa dipungkiri bahwa membuat Facebook page dan membangun website adalah suatu keharusan.

Section before footer ID

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Hubungi tim ahli kami untuk membicarakan kebutuhan Anda.