Bahasa

Panduan Lengkap Instalasi WordPress Untuk Pemula

Blog Intro: 

Tulisan berikut ini akan membimbing Anda langkah demi langkah dalam instalasi awal WordPress yang terkenal dengan kemudahan pemakaiannya.

Blog Date: 
Rabu, September 14, 2016 - 15
Blog Detail Text: 

Instalasi Wordpress

Menginstal WordPress adalah proses yang sangat sederhana dan membutuhkan waktu kurang dari lima menit untuk menyelesaikannya. Sebenarnya sudah web hosting sekarang (misalnya Fantastico) yang menawarkan pilihan untuk menginstal WordPress secara otomatis. Namun, jika Anda ingin belajar cara instalasi WordPress sendiri, maka panduan berikut akan sangat membantu.

Dengan berbagai fitur otomatis, mengupgrade WordPress bahkan lebih mudah. Jangan khawatir untuk tidak mengerti tutorial ini, karena kami memberikan panduan step by step yang bisa langsung diikuti.

Yang perlu Anda ketahui sebelum menginstal WordPress

Sebelum mulai menginstal, ada beberapa hal yang perlu Anda miliki dan lakukan. Antara lain:

  • Akses ke server web (melalui shell atau FTP)
  • Teks editor
  • Program FTP
  • Web browser

Hal yang harus dilakukan untuk menginstal WordPress

Mulai instalasi Anda dengan:

  1. Memeriksa untuk memastikan bahwa web hosting/localhost memiliki persyaratan minimum untuk menjalankan WordPress. Periksa persyaratan nya di sin http://wordpress.org/about/requirements
  2. Download versi terbaru dari WordPress. Cek disini : http://wordpress.org/download
  3. Extract file yang didownload ke folder pada hard drive anda.
  4. Cetak halaman ini sehingga dpt memandu anda selama instalasi.

Berikut langkah-langkahnya :

  • Download dan Extract file WordPress jika anda belum melakukannya.
  • Buat database untuk WordPress di server web anda, serta akun pengguna MySQL yang memiliki semua hak untuk mengakses dan memodifikasi itu.

 

Detail cara membuat database untuk WordPress :

Hampir semua webhosting di Indonesia biasanya menggunakan cPanel untuk memanajamen webhosting yang mereka sedikan. Oleh kerena itu, mari kita mulai bagaimana proses awal menginstal WordPress. Apabila anda menggunakan hosting provider yang terintegrasi cPanel, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Log in ke halaman cPanel anda, lalu Klik ikon MySQL Database Wizard pada Databases section.

  2. Buatlah sebuah Database dengan memasukkan nama dari database tersebut dan klik Next Step untuk ke tahap selanjutnya.

  3. Buat sebuah username untuk database beserta password, pastikan password yang digunakan aman dan mengunakan kombinasi karakter,huruf dan angka. Langkah selanjutnya klik tombol Create User.​

  4. Berikan hak akses penuh untuk username database yang baru saja dibuat dengan klik checkbox ALL PRIVILEGES dan klik tombol Next Step.

  5. Lengkapi tahapan instalasi dan catat semua kode akses yang sudah dibuat seperti username database dan password pada text editor dan simpan.

Upload file WordPress yang sudah didownload ke lokasi yang diinginkan di server web anda.

  • Jika anda ingin mengintegrasikan WordPress ke dalam root domain (misalnya http://website.com/), pindahkan atau upload semua isi dari direktori File WordPress yang sudah di extract ke dalam direktori root server web anda.
  • Jika anda ingin memiliki instalasi WordPress dalam subdirektori di website (misalnya http://example.com/blog/), buatlah folder/directory blog di server dan upload isi dari file WordPress ke direktori tersebut.

 

Jalankan skrip instalasi WordPress dengan mengakses URL di web browser.

Cukup ikuti dan masukkan data2 seperti ID dan password wordpress yang anda inginkan beserta username dan password database yang sudah anda buat td sebelumnya.

  • Jika anda menginstal WordPress pada direktori root, anda harus mengunjungi: http://website.com/
  • Jika ingin menginstal WordPress dalam subdirektori blog, anda harus mengakses url : http:// website.com/blog/

Apabila URL untuk mengakses script instalasi benar, maka akan tampil, tampilan seperti dibawah ini, lalu klik tombol Let’s go untuk masuk ke tahap selanjutnya.

Langkah selanjutnya yaitu masuk ke bagian seting sebelum instalasi script dijalankan.

Pada bagian ini, silahkan isi Database Name sesuai dengan nama database yang sudah kita buat sebelumnya, seperti contoh diatas Database Name yang kita buat sebelumnya yaitu : database_test, dengan Username untuk Database yaitu : DBUser_tester, pass : (misalkan 123456).

Setelah semua data dimasukkan silahkan tekan tombol Submit untuk masuk ke tahap selanjutnya. Lalu akan tampil seperti gambar di bawah ini, klik Run the install untuk memulai proses instalasi WordPress.

Konfigurasi WordPress ​

Setelah proses instalasi melalui script otomatis selesai, kita akan dipandu untuk mengisi username dan password untuk WordPress website yang sudah kita install.Silahkan masukkan Judul/nama website anda, misal : Contoh Website. Username utk WordPress, misalkan admin, password : 123456. Jangan lupa masukkan alamat email anda, agar script instalasi WordPress mengirimkan detail data yang sudah anda masukkan sebelumnya. Apabila anda tidak ingin search engine/bot untuk menemukan/mengindex website anda (website masih dalam tahan development), silahkan uncheck privacy. Contohnya lihat gambar di bawah ini :

Install WordPress Berhasil!

Setelah semua data yang kita masukkan diatas, maka script instalasi WordPress akan berjalan sampai proses berhasil. Apabila proses instalasi berhasil, Anda akan melihat gambar ini pada browser.

Setelah proses instalasi WordPress selesai. maka anda bisa login ke halaman admin untuk memulai editing atau pun mengganti template untuk website WordPress Anda. Untuk masuk ke halaman admin, silahkan mengakses melalui URL seperti contoh dibawah ini : http://www.namawebsite.com/wp-admin. Masukkan Usernmae dan Password. Apabila password dan username yang kita masukkan benar, maka kita akan diarahkan ke halaman backend/ halaman admin seperti contoh gambar dibawah ini :

Tampilan Website

Untuk frontend/tampilan depan website, anda cukup mengakses alamat website/url anda, misalkan http://www.namawebsite.com. Maka website WordPress Anda akan tampil seperti gambar dibawah ini :

Ok, Selesai. Sudah jelas sekali bukan, tahap demi tahap cara menginstal WordPress pada webserver kita. Tutorial selanjutnya Webkos akan menulis tutorial bagaimana menginstal template dan mengedit content pada website WordPress, jadi tetap pantau Blog Webkos. Sampai jumpa.

Section before footer ID

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Hubungi tim ahli kami untuk membicarakan kebutuhan Anda.