Bahasa

SEO atau Pay Per Click?

Blog Intro: 

Banyak orang sering kesulitan untuk memilih antara SEO dan PPC. Meskipun keduanya mempunyai tujuan yang sama, yaitu untuk meningkatkan traffic ke situs web, namun fungsinya berbeda.

Blog Date: 
Rabu, Mei 7, 2014 - 13
Blog Detail Text: 

Pilihan antara SEO dan PPC sangat tergantung pada jenis usaha, frase kata kunci, dan persaingan di pasar.

Berikut adalah beberapa pro dan kontra dari metode pemasaran secara online yang setidaknya akan membantu untuk memahami konsep-konsep yang lebih baik.

SEO

Optimisasi mesin pencari atau SEO adalah metode yang lebih hemat biaya dibanding PPC. Sekali optimasi SEO yang dibuat ke dalam suatu website akan tetap efektif untuk jangka waktu yang lebih lama. Selain itu, peringkat pencarian organik yang diperoleh melalui metode pemasaran online ini mendapat kredibilitas lebih karena para pengunjung kurang tertarik untuk mengklik hasil pencarian berbayar. Bertentangan dengan apa yang sebagian besar orang pikirkan, manfaat SEO bisa dirasakan pada semua mesin pencari, tidak hanya di Google dan Bing.

Kekurangan terbesar dari SEO adalah metode ini memerlukan waktu yang lama untuk menunjukkan hasil. Butuh beberapa bulan sebelum bisa melihat dan merasakan hasil SEO. Tidak ada jaminan peringkat melalui metode pemasaran ini karena hampir semua mesin pencari mengubah algoritma mereka.

PPC

Pay-Per-Click adalah cara lebih cepat untuk diterapkan daripada menggunakan metode SEO. Hasilnya pun bisa dilihat hampir seketika. PPC menjamin posisi dalam peringkat mesin pencari. Dengan menggunakan teknik pemasaran ini, dapat menargetkan kata kunci dengan mudah. Juga, tidak seperti SEO dimana harus membuat perubahan pada situs untuk mendapatkan peningkatan traffic, tidak ada upaya khusus yang harus dilakukan dalam PPC. Namun, PPC dapat menjadi urusan mahal jika kata kunci yang ditembak merupakan kata kunci yang paling banyak dicari, sehingga biasanya dikenakan biaya lebih. Dalam PPC, Anda perlu berinvestasi secara teratur dan jika iklan berbayar tersebut berhenti maka traffic dan penjualan akan turun.

Terakhir, jika menginginkan hasil jangka panjang dan bersedia sabar menunggu, SEO adalah pilihan yang lebih masuk akal. Di sisi lain, orang-orang yang memiliki anggaran pemasaran yang tinggi dan yang mencari hasil instan maka harus memilih PPC. Untuk hasil yang lebih efektif, maka harus berani mencoba untuk menggabungkan kedua metode PPC dan teknik SEO.

Section before footer ID

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Hubungi tim ahli kami untuk membicarakan kebutuhan Anda.