Melibatkan Social Media dalam Berdagang

Blog Intro: 

Saat ini, banyak wiraswasta muda lebih memilih melakukan transaksi bisnis secara online. Banyak faktor yang menyebabkan bisnis online lebih digandrungi daripada membuka toko fisik untuk melakukan bisnis.

Blog Date: 
Senin, Mei 5, 2014 - 10
Blog Detail Text: 

Hal yang paling utama adalah melakukan bisnis secara online lebih menghemat biaya promosi dan lokasi. Wiraswasta muda tidak perlu mempersiapkan budget untuk menyewa tempat bagi usahanya. Selain itu, para wiraswastawan juga tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk promosi karena banyak media online yang dapat digunakan sebagai ajang promosi. Dengan menghemat biaya promosi dan lokasi, mereka bisa meraup keuntungan bersih yang lebih banyak karena mereka tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak. Maka tak heran apabila bisnis secara online lebih banyak diminati oleh para pemula yang akan menjajal pengalaman berbisnis.

Keuntungan Berbisnis Online

Salah satu hal lain yang menjadi keuntungan utama dalam melakukan bisnis secara online adalah tersedianya banyak media promosi. Para wiraswastawan hanya perlu membuat akun di banyak media sosial dan mempromosikan barang dagangannya di media sosial tersebut. Selain itu, tidak diragukan lagi bahwa internet sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat Indonesia. Setiap hari masyarakat membutuhkan internet meskipun hanya untuk sekedar berinteraksi dengan teman. Karena masyarakat sering menghabiskan waktunya melalui internet, kemungkinan barang dagangan akan tersebar luas lebih besar. Selain kedua hal di atas, melakukan bisnis melalui media sosial akan memperluas jangkauan pelanggan ke seluruh Indonesia. Pemilik usaha online hanya perlu mengirimkan barang dagangannya ke alamat yang dituju melalui jasa pengiriman. Mereka bahkan tidak perlu memikirkan biaya pengiriman karena sepenuhnya ditanggung oleh pembeli.

Pentingkah Social Media?

Social media memiliki peranan besar dalam hal ini, karena melalui social media penjual bisa berhubungan dengan pembeli tanpa harus bertemu. Transaksi menjadi mudah dengan adanya social media. Banyak pemilik usaha yang mengakui bahwa sejak mereka mempromosikan barang dagangannya melalui social media, pembeli terus meningkat sehingga omzet penjualan ikut meningkat. Kunci utama dalam melakukan bisnis yang melibatkan social media adalah adanya kepercayaan antara penjual dan pembeli. Berkat social media, penjual diuntungkan karena jangkauan pasar lebih luas, mudah dalam mempromosikan barang dagangan, serta memperlancar komunikasi dengan pembeli. Pembeli juga merasakan keuntungan yang sama karena pembeli bisa berbelanja tanpa menghabiskan waktu dan tenaga untuk mengunjungi pasar, toko, ataupun mall. Keuntungan lain yang bisa didapat oleh pembeli adalah adanya kemungkinan menemukan barang langka yang tidak dijual di mall ataupun toko. Penjual dan pembeli juga bisa lebih akrab karena mereka diharuskan berinteraksi agar transaksi berjalan lancar.

Demikianlah keuntungan utama dalam melibatkan social media pada usaha Anda. Selama hal tersebut menguntungkan, ada baiknya Anda mencoba sehingga omzet Anda pun turut meningkat.

Section before footer ID

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Hubungi tim ahli kami untuk membicarakan kebutuhan Anda.