Bahasa

Studi Kasus - Meningkatkan traffik hingga 110% dalam 14 Hari

Blog Intro: 

This great article on from Brian Dean of backlinko.com has been translated and published here in Bahasa Indonesia with Brian’s permission. We’d like to thank Brian for the opportunity to make this available to our Indonesian readers. We are big fans of Brian’s work, and hope to bring more of it to you in future. – The Webkos Team

Blog Date: 
Rabu, Juni 3, 2015 - 13
Blog Detail Text: 

Berikut adalah fakta sebenarnya tentang Link Building:

Hampir semua orang dalam dunia internet marketing (pemasaran internet) berfikir bahwa “Great Content”/konten yang bagus sudah cukup.

Mereka mengatakan, “kalau saya mempublikasikan konten yang hebat, secara alami orang akan menyertakan tautan ke halaman saya.

Andai saja kalau memang semudah itu…

Jika anda bersungguh-sungguh untuk menghasilkan tautan-tautan bermutu tinggi, kita harus menyiapkan sesuatu yang sistematis untuk mempromosikan konten yang telah kita buat. Sekarang saya akan menunjukkan kepada anda teknik yang hampir bisa menjamin anda memperoleh tautan bermutu tinggi dari setiap konten yang anda publikasikan.

Dapatkan trafik yang lebih banyak bulan ini: Download PDF ceklist yang dapat diunduh secara gratis yang akan menunjukkan pada anda cara memperoleh peringkat yang lebih tinggi dengan Teknik Skyscraper.

Teknik Skyscraper: (Pemasaran Konten untuk LinkBuilders)

Pada 18 April, saya mempublikasikan 200 Daftar Lengkap Faktor Peringkat pada Google. Setelah mengaplikasikan “Teknik Skyscraper”, jumlah tautan balik/backlink ke halaman tersebut meningkat tajam seperti roket:

Yang terpenting, lalu lintas/trafik pencarian organis ke seluruh situs – tidak hanya publikasi tersebut – tautan halaman yang lainpun ikut meningkat 2 kali lipat hanya dalam waktu 14 hari. Sebagai bonus tambahan, satu publikasi dapat mendorong lebih dari 27.000 acuan pengunjung ke situs saya sejauh ini.

Bagian terbaik? Anda bisa melakukan hal yg sama seperti diatas untuk website mu, walaupun anda tidak punya budget yang besar ataupun koneksi yang luas ke sesama bloger.

3 Cara Menggunakan Teknik Skyscraper Untuk Mendapatkan Backlink Berkualitas dan Trafik yang Ditargetkan

Ada 3 langkah untuk Teknik Skyscraper.

Dan saya akan membahasnya di video berikut ini :

Seperti yang saya sebutkan di dalam video tersebut, Teknik Skyscraper terdiri dari tiga langkah berikut ini:

Langkah pertama: Carilah konten yang pantas untuk dibagikan (di-share)

Langkah kedua: Buatlah sesuatu yang lebih bagus dari konten tersebut (konten acuan)

Langkah ketiga: Tujukanlah kontenmu itu kepada audiens yang benar

Mengapa teknik ini bekerja sangat efektif? Logikanya seperti ini, pernahkah anda berjalan melewati sebuah gedung yang sangat tinggi dan bergumam: “Wow, gedung ini benar-benar menakjubkan dan andapun bertanya-tanya seberapa tinggikah gedung tertinggi ke 8 di dunia itu.” Dan sudah sifat alami manusia untuk lebih tertarik pada yang terbaik. Dan yang anda lakukan di sini adalah menemukan pencakar langit tertinggi.

Itu adalah logika explisit kenapa anda harus menggapai puncak tertinggi ketika anda mempublikasikan konten anda.

Langkah 1: Temukan ‘Linkable Asset’ yang terbukti layak ditautkan

Linkable Asset adalah pondasi dari kesuksesan kampanye pemasaran dengan konten yang berfokus pada tautan (termasuk konten ini). Saya tidak tahu secara pasti siapa yang menemukan frasa “Linkable Asset” namun frasa tersebut adalah penjelasan sempurna dari apa yang ingin anda buat: halaman bernilai tinggi yang dapat digunakan sebagai tautan lagi, lagi dan seterusnya. Konten yang begitu bagusnya, begitu hebatnya, dan begitu bergunanya hingga mau tidak mau orang-orang merasa harus menambahkan sebuah tautan ke situs anda. Tetapi bagaimana anda tahu ‘Linkable Asset’ anda akan sukses besar atau justru gagal total?

Mudah saja: temukan konten yang memang telah menghasilkan banyak tautan.

Begini caranya:

OSE Top Pages

Salah satu cara tercepat untuk menemukan konten dengan rekam jejak menarik dan tautan berkualitas adalah dengan menggunakan Open Site Explorer.

1. Pertama, cari situs yang cenderung bisa untuk membuka banyak tautan dari konten mereka. letakkan situs mereka kedalam OSE.

open-site-explorer-search

2. klik tombol “Top Pages” (halaman teratas)

ose-top-pages

3. Temukan konten yang sedikitnya memiliki tautan 25 domain:

ose-linking-root-domains

Topsy

Topsy adalah website yang membantu kita menemukan konten lain yang berkaitan dengan konten yang kita buat/Niche konten.

1. Pertama, masukkan kata kunci yang berkaitan dengan Niche mu:

topsy-search1

2. Pilih“All Time”:

topsy-all-time

3. Dan anda akan mempunyai listing dari semua niche konten yang ingin kita temukan

topsy-results

Google Search (pencarian Google)

Strategi lainnya adalah dengan mencari artikel2 yang sudah terkemuka untuk kata kunci kompetitif/mempunyai daya saing. Jika mereka mengurutkan istilah3 yang sulit kemungkinan mereka mempunyai banyak referensi yang merujuk pada istilah3 itu:

google-search-results

Cukup masukkan setiap istilah sulit ke tombol link analisis anda dan lihat link yang mana dari 25 domain yang dirujuk.

Pada kasus saya, saya menggunakan “stumbled upon” ke beberapa orang yang berusaha (ataupun gagal) utk menyusun semua ‘Google’s 200 ranking factors’. Artikel ini menghasilkan ratusan link berkualitas tinggi. Sebagai contoh ini adalah profil link untuk halaman peringkat #1 untuk keyword “Google Ranking Factors”:

ahrefs-link-analysis

Ketika saya melihat artikel yang bahkan tidak mencantumkan semua factor 200 peringkat di google seperti ini,saya sadar melihat kesempatan emas didepan mata.

Langkah Ke 2: Buat sesuatu yang lebih baik

Langkah anda selanjutnya adalah menggunakan yang telah ada untuk menghasilkan sesuatu yang jauh lebih baik.

Berikut adalah cara untuk membuat konten yang telah ada menjadi lebih baik:

Buat konten yang sudah ada menjadi lebih panjang

Dalam beberapa kasus, mempublikasikan sebuah artikel yang hanya sekadar lebih panjang atau memiliki detil lebih bisa jadi berguna. Apabila anda menemukan sebuah tautan dengan judul seperti “50 Ide Jajanan Sehat”, terbitkan sebuah daftar berisi “150 (atau bahkan 500) Ide Jajanan Sehat”. Pada kasus saya, saya memutuskan untuk membuat daftar semua 200 urutan factor peringkat di google, dan kita tau, setengah mati untuk mencoba semua itu.

50 urutan pertama masih terlihat mudah..

50-100 menjadi sulit. 100-150 menjadi sangat sangat sulit.

150-200 bahkan menjadi hampir tidak mungkin dilakukan.

Tapi pada akhirnya, saya punya sesuatu yang jelas lebih baik dari apapun yang ada di luar sana.

Tetap Up-To-Date

Jika anda dapat membuat konten lama dan membuatnya jadi lebih segar dan relevan, artinya anda memiliki konten unggulan. Sebagai contoh, kebanyakan/hampir semua daftar faktor rangking/peringkat lainya sangat ketinggalan jaman sekali dan faktor peringkatnya kurang penting, seperti misalnya tanda2/sinyal2 sosial dan lain sebagainya:

outdated_content

Apabila kamu menemukan informasi lama, buatlah sesuatu yang bisa mencakup banyak poin2 yang sama… namun perbaharui informasinya dengan isi yang singkat dan tajam.

Desain yang Lebih Baik

Terkadang, konten yang menarik secara visual dapat menghasilkan lebih banyak tautan dan pembagian sosial dibandingkan dengan sesuatu yang sama namun dengan tampilan yang jelek. Silahkan kunjungi Help’s Scout Customer Acquisition Strategies for Entrepreneurs:

content_curation1

Panduan ini adalah daftar terkurasi link ke situs lain internet marketing.  Dan halaman ini menghasilkan banyak buzz karena dirancang dengan indah. Sebagai panduan, saya menambahkan banner yang bagus di bagian atas:

custom-banner

Lebih dalam, kebanyakan dari daftar postingan hanya berupa daftar kosong tanpa memiliki arti ataupun sesuatu yang berguna bagi pembacanya. Namun jika anda menambahkan isi dari setiap poin yang ada di daftar, anda jadi memiliki sebuah posting daftar yang JAUH LEBIH bernilai.

Dalam kasus saya, saya mengingat bahwa daftar faktor peringkat tidak mempunyai rujukan yg detail:

low_detail

Sehingga saya harus memastikan bahwa setiap poin dalam daftar saya harus memiliki gambaran singkat (dengan rujukan)

ranking-factors-post

Catatan penting: Saya menyarankan agar membuat rute pada setiap level yg meliputi: panjang, bentuk, dan informasi terkini. Ini akan memperjelas bahwa ANDA-lah yang memiliki konten yang lebih baik. Fakta ini sangatlah penting ketika anda ingin menjadikan konten anda terkenal.

Langkah ke 3: Tujukanlah kontenmu kepada audiens yang tepat

Menjangkau lewat e-mail adalah hal paling penting dari teknik Skyscraper. Memang ini sama halnya dengan mengemis tautan, tetapi dilakukan dengan trik yang SANGAT rapi. Anda tidak sekadar mengirim email kepada orang-orang yg tidak dikenal, namun anda mendekati para pemilik situs yang telah memasang tautan ke konten serupa.

Ketika anda akan menentukan siapa saja yang merupakan prospek, pastikan:

  1. Mereka mengelola situs dengan niche yang sama dengan anda.
  2. Mereka tertarik dengan topik anda.
  3. Mereka telah memasang tautan ke sebuah artikel dengan topik tersebut.

Yang terpenting dalam mengirimkan tautan email adalah menuliskan sesuatu yang bersahabat, tidak memaksa dan menginformasikan bahwa konten yang ditulis memiliki manfaat bagi dia dan para pembacanya.

Berikut cara-caranya:

1. Gunakan ahrefs.com untuk mengekspor semua tautan dari competitor website anda ke dalam sebuah dokumen spreadsheet. Tool seperti Majestic SEO dan Open Site Explorer juga dapat digunakan.

2. Buanglah beberapa halaman yang memuat link-mu namun tidak penting (seperti dari forum, direktori, dan lain-lain). Dalam contoh kasus saya, setelah menyeleksi mana yang penting dan tidak, saya memiliki 160 pemilik link yang sangat berprospek untuk diajak bekerjasama.

3. Saya mengirimkan email ke 160 orang tersebut menggunakan format di bawah ini:

Hallo [Nama Target Email],

Saya sedang mencari beberapa artikel mengenai [nama niche topik] dan saya menemukan halaman ini : [URL / alamat website]. Saya memperhatikan bahwa anda terhubung dengan salah satu artikel favorit saya – (judul artikel)

Saya hanya ingin memberitahu, bahwa saya telah membuat sebuah artikel serupa. artikel itu seperti [nama artikel] tetapi lebih terperinci dan terkini : [URL]. Apabila artikel ini layak, mungkin dapat digunakan sebagai referensi tulisan atau dimention pada salah satu halaman website anda.

Terus update berita2 bermutunya gan 

Salam,

[Nama Anda]

Saya pribadi sampai terkejut dengan begitu banyaknya respon positif yang datang. Dari 160 email, konten saya ditautkan sebanyak 17 kali: Tingkat Kesuksesan 11%.

email_response2

Mengingat ini adalah email pemasaran umum yang meminta tautan di kali pertama, tingkat kesuksesan 11% cukup hebat bukan.

Anda mungkin berpikir, “Hanya 17 tautan?”

Namun ingatlah bahwa intinya adalah kualitas, bukan kuantitas.

Banyak sekali hal bernilai yang bisa ditemukan di antara 17 link tersebut, termasuk sebuah link dari sebuah situs yang terdaftar di DMOZ (Directory Mozilla) yang terdapat di sebuah halaman yang memiliki Google Page Rank 5. Selain itu, lihat saja kenaikan signifikan di jumlah klik organis yang telah didatangkan 17 link tersebut (dalam rentang waktu yang sangat pendek).

Pastinya, ada beberapa halaman yang memuat link situs anda yang datangnya secara organis (alami), namun beberapa dari yang terbaik munculnya lewat Teknik Skyscraper.

Sekarang Cobalah!

Saya berharap anda dapat melihat potensi besar dengan menggunakan Teknik Skyscraper ini untuk situs dan bisnis anda. Ya, membutuhkan kerja keras untuk membuat sesuatu yg hebat. Tapi dengan strategi ini anda sudah tau kedepannya semua kerja keras anda pasti terbayar (tidak seperti memberikan konten dalam jumlah besar dan mengharapkannya menyebar dengan sendirinya).

Siap untuk memulainya?

Tentang Brian Dean

Brian Dean adalah pendiri dari Backlinko, Pusat pelatihan untuk Pemasaran Digital (Digital marketing) dengan lebih dari 90.000 pembaca dan subscribers email per bulan nya. Teruskan membaca.

brian-sidebar

 

Section before footer ID

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Hubungi tim ahli kami untuk membicarakan kebutuhan Anda.